Pengertian dan Jenis-jenis Surat
Mendengar kata Surat maka yang
muncul dibenak kita adalah sehelai kertas yang di dalamnya tertulis pesan yang
disajikan dalam format yang khas. Hampir semua orang mengenal dan pernah
membuat surat.
Surat adalah salah satu sarana
komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak lain baik
itu secara perorangan atau organisasi (kelompok). Sebagai salah satu bentuk
komunikasi tertulis, surat mempunyai unsur yang terlibat di dalamnya, yaitu:
- Pengirim, yaitu orang atau organisasi yang menyampaikan pesan.
- Pesan, yaitu isi surat berupa informasi, instruksi, gagasan, atau perasaan pengirimnya.
- Penerima, yaitu orang atau organisasi yang menerima pesan
- Saluran, yaitu bagaimana pesan tersebut diformulasikan dalam ragam bahasa tulis dan disajikan dalam format yang sesuai dengan keperluan.
Jenis-jenis
Surat
Surat mempunyai banyak fungsi, maka
dapat dikelompokkan atau digolongkan menurut jenisnya, yaitu:
A. Menurut
kepentingan dan pengirimnya
- Surat pribadi, yaitu dikirimkan sesorang kepada orang lain atau kepada organisasi/lembaga. Kalau surat ditujukan kepada teman atau keluarga, format penulisan dan bahasa relatif bebas. Akan tetapi bila ditujukan kepada organisasi atau lembaga maka bentuk dan bahasa yang digunakan harus resmi, misalkan surat lamaran keja, pengaduan, pengajuan mutasi, kenaikan pangkat, dsb.
- Surat dinas, yaitu digunakan instansi pemerintah untuk kepentingan administrasi pemerintahan.
- Surat niaga, yaitu dipergunakan oleh perusahaan atau badan usaha.
- Surat sosial, yaitu digunakan oleh organisasi kemasyarakatan yang bersifat nonprofit.
B. Menurut
isinya
- Surat dapat dikelompokkan menjadi pemberitahuan, keputusan, pemerintah, panggilan, perjanjian, laporan, pengantar, peringatan, penawaran, pesanan, undangan dan lamaran pekerjaan.
C. Menurut
sifatnya
- Biasa yaitu isi dapat diketahui oleh orang lain selain yang dituju.
- Terbatas (konfidensial) yaitu isi hanya boleh diketahui oleh kalangan tertentu yang terkait saja.
- Rahasia yaitu isinya hanya boleh diketahui oleh orang yang dituju.
D.
Berdasarkan banyaknya sasaran
- Surat dapat dikelompokkan menjadi biasa, edaran dan pengumuman.
E.
Berdasarkan tingkat kepentingan penyelesaiannya
- Surat terbagi atas biasa, kilat dan kilat khusus.
F. Berdasarkan
wujudnya
- Surat terbagi atas bersampul, kartu pos, warkat pos, telegram, teleks, faksimile, memo dan nota.
G.
Berdasarkan ruang lingkup sasarannya
- Surat terbagi atas intern dan ekstern.
Kemajuan teknologi saat memberi
alternatif dalam penyampaian pesan melalui internet seperti email maupun
handpone lewat SMS. Namun surat konvensional tetap mempunyai arti penting
sebagai bukti tertulis untuk berbagai keperluan. Sehingga jika terjadi sesuatu
(misalnya kekeliruan), surat dapat dijadikan acuan. Misalnya pada surat-surat
perjanjian, surat waris dan sebagainya. Segala jenis surat juga dapat
diarsipkan untuk kepentingan lain kelak di kemudian hari.
A.
Surat Resmi
Surat
resmi adalah surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah atau swasta kepada
kantor pemerintah, atau dikirimkan oleh perseorangan kepada kantor pemerintah
dan sebaliknya. Dikarenakan sifatnya yang resmi, dalam surat terdapat hubungan
yang bersifat lugas dan seperlunya saja (langsung pad pokok pembicaraan atau
permasalahan yang ingin disampaikan). Beberapa jenis surat yang tergolong surat
resmi sebagai berikut:
1.
pengumuman,
2.
surat edaran,
3.
surat permohonan,
4.
surat laporan,
5.
surat pengantar,
6.
surat keputusan,
7.
surat instruksi,
8.
surat tugas,
9.
surat kuasa,
10.
surat lamaran pekerjaan,
11.
surat undangan resmi,
12.
surat perjanjian, dan
13.
nota dinas.
Catatan:
Surat
perjanjian, surat sewa-menyewa rumah/ tanah, surat jual-beli, surat wasiat,
akta dan yang sejenis dengan itu biasanya disebut surat dinas tetapi tetap
bersifat resmi. Surat-surat semacam itu dapat digunakan sebagai bukti
pengadilan.
B.
Surat Keluarga
Surat
keluarga atau surat pribadi adalah surat yang berisi hubungan antara seseorang
dengan orang lain. Isinya dapat berupa perkenalan, permintaan maaf, ucapan
terimakasih, berita keluarga, ucapan duka cita, ucapan selamat atau sukacita,
undangan, dan lain sebagainya.
C.
Surat Niaga
1.
Surat Penawaran
Surat
penawaran memberi informasi tentang: a) nama barang yang ditawarkan dan
jenisnya, b) kualitas atau spesifikasi, c) harga, d) potongan, e) cara
pemesanan, f) cara pembayaran, g) syarat penyerahan, h) layanan purnajual (garansi),
i) contoh barang (sampel).
Surat
penawaran dapat dibuat berdasarkan iklan atau permintaan penawaran, kalimat
pembukanya perlu menyebutkan iklan atau permintaan penawaran tersebut.
Misalnya:
-
Sehubungan dengan iklan Saudara dalam ... yang menyatakan bahwa Saudara mencari
...
-
Kami telah membaca iklan Saudara dalam ... yang menyatakan bahwa Saudara
membutuhkan ...
-
Memenuhi surat Saudara tanggal ..., dengan ini kami kirimkan daftar harga
(brosur) ...
2.
Surat Permintaan Penawaran
Surat
ini dibuat oleh calon konsumen karena tertarik terhadap suatu produk. Surat ini
biasanya mengemukakan hal-hal sebagai berikut:
a.
Menyatakan tertarik terhadap suatu produk.
b.
Minta brosur atau informasi harga dan lain-lain yang berkaitan dengan
pemesanan, seperti cara pembayaran, cara pengiriman, dan lain-lain.
c.
Minta balasan secepatnya agar segera dapat melakukan pemesanan.
3.
Surat Pesanan
Surat
pesanan perlu memuat:
a.
jenis barang yang dipesan
b.
kualitas/ spesifikasi barang
c.
jumlah barang
d.
harga dan cara pembayaran
e.
potongan
f.
syarat pengiriman
Kalau
pesanan dibuat berdasarkan surat penawaran atau iklan, kalimat pembukanya perlu
menyebut surat pesanan atau iklan tersebut.
Contoh:
-
Surat Saudara tanggal ... beserta contohnya telah kami terima. Untuk itu kami
harap Saudara mengirimkan ...
-
Menjawab surat Saudara tanggal ..., dengan ini kami ...
-
Kami telah membawa iklan Saudara pada ... mengenai penawaran ... . Oleh karena
persedian kami habis, ...
-
Berkenan dengan iklan Saudara dalam ... tanggal ..., dengan ini kami memesan
...
-
Kami tertarik dengan iklan Saudara dalam ... tanggal ..., maka dengan ini kami
mengirim wesel untuk ...
4.
Surat Pengaduan
Dalam
hubungan niaga sering terjadi kekecewaan pada salah satu pihak. Kekecewaan itu
antara lain karena: jumlah atau kualitas barang tidak sesuai, kerusakan,
keterlambatan pengiriman, atau pengingkaran isi perjanjian. Pihak yang merasa
dirugikan biasanya membuat surat pengaduan. Berikut ini contoh-contoh kalimat
pembuka surat pengaduan:
-
Barang yang kami pesan telah kami terima. Akan tetapi, kami kecewa karena
pengiriman barang tersebut mengalami keterlambatan bahkan melampaui waktu yang
sudah ditentukan, sehingga ...
-
Barang yang Saudara kirimkan telah sampai di tempat kami. Tapi mutunya tidak
sesuai dengan yang kami pesan.
-
Kiriman TV merk X telah kami terima. Namun, ternyata ketika kami buka peti no.5
tidak dilapis dengan baik sehingga kaca layar TV-nya pecah.
-
Sebagaimana telah kita sepakati dalam surat perjanjian bahwa setelah pelunasan
pembayaran, rumah segera dikosongkan. Namun, ternyata sampai saat ini rumah
tersebut masih ada yang menempati, maka ...
Meskipun
pengaduan berisi kekecewaan tapi isi pesan yang disampaikan sebaiknya
diungkapkan dengan sopan dan tidak emosional.
Dalam
surat pengaduan dicantumkan pula tuntuan (klaim) dari pihak yang dirugikan.
Klain itu dapat berupa: meminta pemenuhan jumlah, permintaan potongan harga,
permintaan penggantian barang, pembatalan, atau pun ganti rugi yang disesuaikan
dengan kerugian yang didapat.
D.
Surat Lamaran Pekerjaan
Surat
lamaran pekerjaan berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Hal yang
perlu dikemukakan dalam surat lamaran di samping identitas diri adalah jasa
yang dapat diberikan, pendidikan, kecakapan atau keahlian, serta pengalaman
yang secara singkat disebut kualifikasi.
Pembuatan
surat lamaran perlu memerhatikan ketentuan-ketentuan penulisan seperti:
-
bentuk surat
-
bahasa yang baik dan benar
-
tulisan bersih, mudah dibaca, sesuai dengan kaidah ejaan
-
bagian-bagiannya lengkap (meliputi: hal, tempat/ tanggal pembuatan surat,
alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama jelas)
Surat
lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan:
1.
Iklan, menggunakan salam pembuka:
-
Setelah membaca iklan yang dimuat dalam harian ... tanggal ... yang isinya
menyatakan bahwa ...
-
Dalam harian ... tanggal ... saya membaca iklan yang menyatakan bahwa PT XXX
membutuhkan ... . Berdasarkan dengan hal tersebut maka ...
2.
Informasi seseorang:
-
Menurut informasi dari Bapak ..., pada bagian ..., perusahaan membutuhkan ... .
Sehubungan dengan hal itu maka ...
3.
Pengumuman resmi dari instansi yang membutuhkan tenaga:
-
Berkenaan dengan pengumuman nomor: ... tanggal ... tentang penerimaan karyawan
PT ... maka yang bertanda tangan di bawah ini: ...
4.
Permohonan instansi pada sekolah:
-
Setelah mendapat informasi dari kepala sekolah tentang permohonan tenaga kerja
...
5.
Inisiatif sendiri:
-
Yang bertanda tangan di bawah ini, ... dengan ini mengajukan permohonan untuk
diterima sebagai karyawan pada ...
Hal-hal
lain yang perlu diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan:
a.
Daftar riwayat hidup
b.
Fotokopi ijazah terakhir
c.
Sertifikat-sertifikat (terkait dengan bidang yang ingin dilamar)
d.
SKKB (Surat Keterangan Berkelakukan Baik)
e.
Pas foto
Selain
itu, instansi atau lembaga tertentu juga meminta persyaratan lain, misalnya:
a.
Surat keterangan pengalaman kerja,
b.
Surat keterangan berbadan sehat,
c.
Surat izin orang tua, dan lain-lain.
Daftar
riwayat hidup
(Curiculum Vitae) sebagai lampiran surat lamaran pekerjaan berisi hal-hal
sebagai berikut:
a.
nama
b.
tempat dan tanggal lahir
c.
alamat
d.
nomor KTP
e.
agama
f.
jenis kelamin
g.
tinggi dan berat badan
h.
warga negara
i.
status perkawinan
j.
suami/istri (nama, umur, pekerjaan, alamat)
k.
anak (nama, tanggal lahir, umur, pekerjaan)
l.
orang tua (ayah dan ibu)
m.
riwayat pendidikan (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi)
n.
kursus-kursus
o.
pengalaman kerja
p.
prestasi
q.
pernyataan yang menyatakan bahwa daftar riwayat hidup tersebut dibuat dengan
sebenarnya
r.
tempat tanggal pembuatan surat
s.
tanda tangan dan nama jelas
Contoh ke 1.
Bogor, 5 Oktober 2012
Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 4
lembar
Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Hand's Parmantindo
Jl. Raya Bumi Sentoda No. 5
Cibinong Bogor
Dengan hormat,
Bpk. Bambang Satrio, seorang asisten
editor di PT. Hand's Parmantindo, menginformasikan kepada saya tentang rencana
pengembangan Departemen Finansial PT. Hand's Parmantindo.
Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand's Parmantindo.
Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand's Parmantindo.
Mengenai diri saya, dapat saya
jelaskan sebagai berikut :
Nama
Tempat & tgl. lahir Pendidikan Akhir Alamat Telepon, HP, e-mail Status Perkawinan |
: Florentina Putri
: Probolinggo, 5 Agustus 1979 : Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila - Jakarta : Perum Bojong Depok Baru 1, Blok ZT No.3, Cibinong 16913 : 021 - 87903802, HP = 0817 9854 203, e-mail = putri.flo@gmail.com : Menikah. |
Saat ini saya bekerja di PT.
Flamboyan Bumi Singo, sebagai staf akuntasi dan perpajakan, dengan fokus utama
pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya
lampirkan :
- Daftar Riwayat Hidup.
- Foto copy ijazah S-1.
- Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
- Pas foto terbaru.
Besar harapan saya untuk diberi
kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya.
Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang
pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima
kasih atas perhatian Bapak.
Hormat
saya,
Florentina Putri
Florentina Putri
Contoh ke 2.
Jakarta, 5 Oktober 1990
Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 4
lembar
Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur
Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur
Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan
pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas
tanggal 6 Oktober 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing
di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut
ini.
Nama
Tempat & tgl. lahir Pendidikan Akhir Alamat Telepon, HP, e-mail Status Perkawinan |
: Benny Kasmanto
: Bukit Tinggi, 19 Februari 1976 : Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jakarta (Konsentrasi Manajemen Pemasaran) : Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi : 021 - 87914990, 0815 965 5695, benny_kas07@yahoo.co.id : Menikah |
Saya memiliki kondisi kesehatan yang
sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun
tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki
kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan
menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti
Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat
dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff
Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja
secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya
lampirkan :
- Daftar Riwayat Hidup.
- Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
- Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
- Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia
meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat
menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan
terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
Benny Kasmanto
Benny Kasmanto
Contoh 3
Cianjur, 8 Oktober 2012
Perihal : Lamaran pekerjaan
Lampiran:
... lembar/ berkas
Yth,
Direktur PT Fajar Buana
di Jalan Penggilingan No 789
Jakarta Timur
Dengan
hormat,
Berdasarkan
informasi yang saya peroleh dari surat kabar harian Pikiran rakyat terbitan 2
Oktober 2012, tentang penerimaan pegawai di bidang administrasi keuangan, maka melalui surat ini saya memberanikan diri
untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan Bapak.
Pekerjaan
yang saya lamar sesuai dengan kualifikasi yang saya miliki, saat ini saya telah
lulus kuliah sarjana S1 dari Universitas Padjajaran Jurusan
Ekonomi Akuntansi
dengan nilai kelulusan komulatip 3,20, semoga saya dapat bergabung dengan
perusahaan bapak, dan akan bekerja dengan sungguh sungguh, adapun data diri
saya,
nama : Habibi Fathi
Abizar
alamat : Jalan Siliwangi No
24 Jakarta Pusat
tempat/ tanggal lahir : 24 Juli 1990
pendidikan terakhir : Sarjana S1 Unpad Jurusan Ekonomi Akuntansi
no kontak : 081321240790
Sebagai
bahan pertimbangan saya lampirkan:
1.
Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.
Demikian
surat lamaran ini saya sampikan, semoga saya bisa diterima dan bisa bekerjasama
dengan baik untuk kemajuan perusahaan. Atas perhatian Bapak saya ucapkan
terimakasih.
Hormat saya
Habibi Fathi Abizar SE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar