Selasa, 18 September 2012

Fakta dan Opini (XII)



Pengertian Fakta
  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta :hal (keadaan, peristiwa) yg merupakan kenyataan; sesuatu yg benar-benar ada atau terjadi.
  Fakta (bahasa Latin: factus) ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan.
  Fakta (buku Bahasa Indonesia, hal. 235) hal yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya.
  Dalam contoh fakta yang kami temukan terdapat pengertian fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi atau hal yang diungkapkan berdasarkan suatu buktinyata (realita).
Contoh Soal:
Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan menyampaikan itu pada peringatan Hari Pahlawan yang digelar di lapangan Gedung Sate, Jl.Diponegoro Bandung, Senin (12/11) ”Bangsa Indonesia termasuk di dalamnya masyarakat Jabar, akan tetap hidup dan berdiri tegak bila memiliki semangat nasionalisme tersebut,” katanya.
 
Fakta yang terdapat dalam tajuk di atas adalah…
A.    Menurut Achmad Heryawan bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya masyarakat Jabar, akan
tetap hidup dan berdiri tegak bila memiliki semangat nasionalisme.
B. Semangat kebersamaan itu diharapkan untuk diperlihatkan masyarakat dengan “hitung-hitungan“ perannya masing-masing.
C. Esensi kepahlawanan bisa direfleksikan dalam setiap upaya pembangunan masyarakat di Jabar.
D. Peringatan Hari Pahlawan yang digelar di lapangan gedung Sate, Jl.Diponegoro Bandung, Senin(12/ 11).

PEMBAHASAN Konsep dasar
Sesuai dengan kata kunci di atas, kata menurut (opsiA), kata diharapkan (opsiB), dan kata bisa (opsi C) menunjukkan sebuah opini (persepsi), bukanfakta.

Cara Cepat
Dalam opsi (D) dimuat data berupa tempat dan tanggal terjadinya sebuah peristiwa. Hal ini tentu merupakan bukti atas sesuatu yang benar-benar telah terjadi, atau disebut sebagai fakta.
Pengertian Opini
  Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Opini adalah: pendapat, pikiran, atau pendirian.
  Menurut Wikipedia
Opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku di masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi.
  Menurut Buku Bahasa Indonesia (hal 235)
Opini adalah : pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang mengenai sesuatu atau dapat menjawab pertanyaan bagaimana.
  Dalam contoh opini yang kami temukan terdapat pengertian opini Opini adalah hasil pemikiran yang berupa penilaian, masukan, ide, pandangan, perkiraan, atau gambaran perasaan seseorang terhdap sesuatu masalah.

Contoh Soal:
Pemerintah Kabupaten Tangerang memperbaiki  42  sekolah. Dana diperoleh dari pinjaman Bank  Jabar.  Sepuluh sekolah di antaranya mengalami kerusakan yang terutama parah. Hidayat selaku pimpro mengatakan bahwa kecil kemungkinan proyek tersebut gagal. Kalimat opini dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
PEMBAHASAN  Konsep  dasar
Berdasarkan kata kunci di atas, kalimat opini ditandai oleh kemunculan kata mungkin. Selain itu, Hidayat mengatakan bahwa merupakan bagian kalimat yang menunjukkan opini seseorang.
Cara  Cepat
Kalimat  pertama  kalimat  fakta (data : 42  sekolah).  Kalimat kedua kalimat fakta (data : pinjaman Bank Jabar). Kalimat ketiga kalimat fakta (data : 10 sekolah). Kalimat keempat kalimat opini (Hidayat selaku pimpro mengatakan bahwa kecil kemungkinan proyek tersebut gagal) Pendapat Hidayat. Jawaban : D

Ciri-ciri fakta :
Ciri – ciri fakta adalah sesuatu yang membantu kita untuk membedakan fakta dengan opini.
Ciri – ciri fakta adalah sebagai berikut :
1.      Peristiwa yang sungguh ada atau terjadi
2.      Peristiwa yang dapat ditangkap oleh panca indra
3.      Sesuatu yang dapat diobservasi atau  diuji kebenarannya
(Sumber : Buku PR B.Indonesia untuk SMA/MA Smt 2 hal.71)
Ciri-ciri opini :
1.    Ditandai dengan kata-kata yang bersifat subyektif, misalnya sangat, semakin, dapat, mungkin.
2.    Karakteristik lainnya adalah mengandung bentuk-bentuk kata sifat: baik, buruk, mudah, sukar; dan diawali kata menurut saya, sepertinya, saya rasa…(yang merupakan pernyataan seseorang)
3.    Pendapat / argument seseorang


Fakta dan opini
  • Fakta adalah suatu informasi yang bersifat nyata atau benar-benar terjadi. Fakta disertai dengan bukti yang mendukung kebenarannya.
  • Opini adalah pendapat seseorang atau kelompok. Opini biasanya disertai dengan alasan-alasan yang membuktikan kebenarannya.

PERBEDAAN FAKTA DAN OPINI
Pengertian fakta adalah sesuatu yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Sedangkan opini adalah sesuatu yang kebenarannya masih perlu diuji.
v   Ciri-ciri fakta:
1.      Benar-benar terjadi
2.      Sifatnya objektif
3.      Waktu, tempat, dan tanggal peristiwa jelas.
4.      Diperkuat dengan angka-angka.

v   Contoh fakta: 
Produk Blackberry yang sekarang beredar di pasaran Indonesia adalah seri 8707v yang didistribusikan di Indonesia melalui operator seluler XL.

Pendapat atau opini adalah sesuatu yang kebenarannya masih perlu diuji, karena bentuknya masih berupa pendapat.
v   Ciri-ciri opini:
1. Belum terjadi (baru rencana)
2. Berupa pendapat
3. Bersifat  subjektif
4. Keterangannya belum jelas.


v   Contoh Opini :
Penggunaan Blackbery secara intens ditengarai sebagai salah satu penyebab rusaknya rumah tangga untuk kasus yang parah. (Opini)

3 komentar:

  1. bagus pak bermanfaat bagi browser terus blognya udah ada versi untuk mobile andro pak kereeen (y)
    lanjutkan pak :D
    Fareza

    BalasHapus
  2. makasih pak bahan ajarnya, saya copy pak untuk materi pembelajaran saya.

    BalasHapus